SAP Paparkan Kesiapan UKM Indonesia Hadapi Pertumbuhan Global dengan Teknologi

IMG_0286

Pada Rabu (31/7), SAP (NYSE: SAP) dan Oxford Economics memaparkan hasil penelitian mereka mengenai pertumbuhan perusahaan kecil dan menengah secara global. Ditemukan dalam penelitian yang dilakukan hasil kerja sama Ofxord Economics dengan SAP ini bahwa perusahaan kecil dan menengah (UKM) di seluruh dunia terutama di Indonesia tengah membuat perubahan besar dalam berbisnis, memproduksi barang, serta strategi pemasaran mereka. Dalam mengembangkan bisnis UKM ini, mereka juga mengadopsi serta investasi kepada teknologi demi meningkatkan operasi menjadi lebih efisien.

IMG_0286

Survei penelitian ini dilakukan secara global terhadap 2100 eksekutif UKM di 21 negara termasuk Indonesia dan juga di lima sektor industri. Penelitian ini juga melibakan 12 eksekutif senior UKM serta rangkuman dari apa yang tengah terjadi di lapangan secara langsung. Untuk di Indonesia sendiri, sekitar 63% dari UKM Indonesia mau berinvestasi kepada teknologi selama terdapat ROI yang jelas. Negara Indonesia pun juga diharapkan akan tumbuh berkembang di luar pasar domestik pada sektor bisnis UKM ini untuk dapat menghadapi kompetisi global yang tentunya akan semakin meningkatkan pasar domestik.

UKM di Indonesia saat ini masih memiliki masalah pada tenaga kerja dan perekonomian, di mana biaya yang dikeluarkan untuk keduanya tidaklah sedikit. Akan tetapi, UKM Indonesia sadar bahwa mereka perlu melakukan transformasi bisnis untuk mampu bersaing di pasar ekonomi lokal maupun global. Untuk dapat tumbuh berkembang, teknologi merupakan kunci penting bagi transformasi bisnis mereka. Saat ini, sudah tercatat lebih dari 60% UKM di kawasan Asia Pasifik yang mengadopsi kemudahan dalam mobile untuk menjadi salah satu media bisnis mereka. Tidaklah mengherankan jika dalam kurun waktu tiga tahun mendatang, persentase tersebut akan semakin meningkat.

“Adaptasi terhadap teknologi mobile saat ini telah meningkat pesat. Kami pun memiliki dukungan untuk solusi mobile dan cloud computing terhadap UKM ini untuk memudahkan bisnis dengan SAP Hana Platform yang telah hadir sejak setahun yang lalu,” ujar Suraj Pai, Wakil Presiden untuk Platforms Solution SAP bagian South East Asia. Pihak SAP sendiri pun yakin bahwa pertumbuhan UKM dengan pengapdosian teknologi tersebut terutama teknologi mobile dan cloud computing akan memiliki dampak peningkatan bisnis mereka. “Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kecepatan adopsi teknologi dibandingkan dengan negara lainnya. Maka cepat atau lambat, perekonomian UKM di Indonesia akan meningkat pesat dan jauh dibandingkan dengan yang lain,” ungkap Roy Wakim, Director untuk Volume Channels SAP bagian South East Asia.

Friska Suryawinata 01 Aug, 2013


-
Source: http://www.jagatreview.com/2013/08/sap-paparkan-kesiapan-ukm-indonesia-hadapi-pertumbuhan-global-dengan-teknologi/
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Title: SAP Paparkan Kesiapan UKM Indonesia Hadapi Pertumbuhan Global dengan Teknologi ; Written by Unknown ; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar :

Posting Komentar