Mantan CEO: Apple itu Seperti BMW

apple 2

Apple

Mantan CEO Apple, John Sculley mengungkapkan perasaan skeptisnya terhadap niatan Apple yang berencana mengeluarkan iPhone versi murah guna meraih pangsa pasar entry-level. Menurutnya, seperti halnya pabrikan mobil kelas atas BMW, dari dulu visi mendiang pendiri Apple, Steve Jobs selalu ingin membawa produknya masuk ke dalam jajaran perangkat high-end. Tentunya, dengan harga yang tidak bisa di bilang murah alias mahal.

“Apple itu seperti BMW, dan BMW tidak bersaing dengan merek harga terendah. Saya pikir Apple akan baik-baik saja.” ungkap Sculley dalam wawancaranya dengan CNBC TV.

Sculley tidak tahu alasan pasti kenapa Apple yang kini di tangan Tim Cook berniat mengeluarkan iPhone murah. Namun Ia menduga, Apple ingin meningkatkan jangkauan dari berbagai level pengguna. “Saya tidak berpikir mereka sepakat keluar dengan lini produk yang lebih luas. Saya tidak berpikir mereka akan masuk ke pasar smartphone di kisaran US$ 100. Apa yang saya bayangkan, mereka akan meningkatkan jangkauan mereka atas produknya.”

Selama ini, menurutnya, Apple memiliki pelanggan tetap dari kalangan menengah ke atas. Mereka pun mampu membeli produk Apple hingga ribuan dolar. “Satu hal tentang Apple adalah mereka memiliki fanboy (high class). Seperti yang Saya selalu katakan, menjual kepada orang-orang yang mencintai kita,”

apple 2

Ia menyontohkan, ketika iPad mini dirilis, maka semua orang yang memiliki Ipad berbondong-bondong membeli versi Mini juga. Begitupun dengan smartphone ataupun tablet keluaran baru Apple dengan fitur lebih baru dari sebelumnya.

“Jika Anda ingin perusahaan Anda bertahan hidup, Anda harus memiliki reputasi. Anda perlu memiliki model bisnis yang memberikan fleksibilitas yang cukup untuk berinvestasi dalam hal pengalaman pelanggan. Dan jika Anda mencoba untuk memotong terlalu banyak sudut untuk mendapatkan hal-hal dengan harga terendah, Anda akan berakhir menjadi komoditas. Itu cukup sulit untuk membangun bisnis berkelanjutan di seluruh strategi komoditas.” imbuhnya, ketika dimintai pendapat tentang pengusaha India banyak mengeluarkan produk murah.

Di sela wawancara yang sama, Sculley juga mengatakan, Almarhum Steve Jobs pernah memikirkan untuk membuat ponsel Apple dengan nama MacPhone pada 1984 silam. Itu tahun yang sama ketika Apple memperkenalkan PC Macintosh kepada dunia.

“Aku ingat kami bekerja pada Mac Phone pada akhir tahun 1984. Steve berpikir tentang segala macam produk saat itu. Dia sering mengatakan, hal yang paling penting adalah bukan hal yang membangun, tetapi juga hal-hal yang tidak membangun (perusahaan).” ungkapnya.

Sculley meninggalkan Apple pada 1993 silam. Sebelum menjadi CEO Apple selama satu dekade, Ia menjabat sebagai Presiden PepsiCo antara 1977-1983. Kini Sculley menjabat sebagai salah satu pendiri di Sculley Brother, perusahaan investasi.

(sumber: Your Story)

Tim Jagat Reviews 31 Jul, 2013


-
Source: http://www.jagatreview.com/2013/07/mantan-ceo-apple-itu-seperti-bmw/
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Title: Mantan CEO: Apple itu Seperti BMW ; Written by Unknown ; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar :

Posting Komentar