AMD APU A10-6800K Richland Lewati Batas 8Ghz

The Stilt_cpu





Selain memiliki kemampuan grafis terintegrasi yang tinggi, AMD APU A10-6800K ‘Richland’ masih menyimpan beberapa kejutan lainnya, salah satunya adalah kemampuan overclocking CPU yang menakjubkan.  Pada pengujian kami beberapa waktu lalu, kami dapat mencapai kecepatan 5 Ghz pada A10-6800K dengan watercoolingsebuah clock yang cukup sulit disamai AMD APU generasi sebelumnya, ‘Trinity’. Banyak rumor yang juga menyebutkan bahwa beberapa  A10-6800K Trinity dapat mencapai clock diatas 5.4Ghz hanya dengan pendingin biasa, tanpa bantuan pendingin ekstrim.
Potensi overclocking yang tinggi ini tentu saja tidak akan dilewatkan para enthusiast dan extreme overclocker yang gemar memaksa sistemnya sampai batas maksimum. Seorang master overclocker asal Finland, Roger a.k.a ‘The Stilt‘, baru-baru ini menembus sebuah rekor baru kecepatan AMD APU, yakni 8.2Ghz!
The Stilt_cpu
Kecepatan diatas 8Ghz ini dicapai dengan bantuan pendingin Liquid Nitrogen(Ln2) serta menggunakan motherboard ASUS F2A85-V PRO. Perlu diketahui, The Stilt pun pernah mencatatkan rekor dunia clock AMD Trinity A10-5800K di clock 7.9Ghz pada bulan Desember 2012 lalu
The Stilt_rig

Kecepatan 8.2Ghz yang dicapai The Stilt ini memberi sedikit petunjuk bahwa AMD bisa jadi sudah mengoptimalkan proses fabrikasi core ‘Piledriver’ yang digunakan pada Richland, sehingga prosesor ini dapat mencapai kecepatan CPU yang sebelumnya belum bisa diraih. Kami jadi sedikit bertanya-tanya, apakah optimalisasi clockspeed ini yang ‘melahirkan’ CPU 5 Ghz AMD, yakni FX-9590 ?(yang juga menggunakan core Piledriver)
Namun yang jelas, pencapaian 8.2Ghz ini membuat segenap rekan-rekan kami di JagatReview OC Team tertantang untuk mencoba melakukan overclocking ekstrim di AMD APU A10-6800K. Tunggu tanggal mainnya, hanya di JagatReview!
Sumber : Hwbot



Title: AMD APU A10-6800K Richland Lewati Batas 8Ghz ; Written by Unknown ; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar :

Posting Komentar