Pendiri WikiLeaks Luncurkan Partai di Australia

wikileaks 3

wikileaks 3

Pendiri WikiLeaks, Jullian Assange secara resmi meluncurkan Partai WikiLeaks di Australia. Itu dilakukan guna meloloskan dirinya menjadi anggota senat parlemen di Australia dari negara bagian Victoria. Sesuai rencana, pemilihan umum Australia akan digelar Desember tahun ini.

Assenge (41 tahun) merupakan seorang warga negara asli Autralia. Saat ini, Ia masih berada di kedutaan Ekuador di London guna mendapatkan perlindungan suaka. Ia mencalonkan diri menjadi senator Australia bersama tujuh calon lainnya dari Partai Wikileaks.

Jika Ia terpilih menjadi Senat, masih belum jelas apakah Assenge dapat meninggalkan London. Ia sendiri mendapat suaka di Inggris setelah dituduh melakukan pelanggaran seksual. Banyak tuduhan dilayangkan kepadanya setelah situs WikiLeaks membongkar rahasia penting beberapa negara, termasuk Amerika Serikat dan Indonesia.

“Mudahan-mudahan situasi dengan Amerika Serikat dan Inggris telah diselesaikan pada saat itu (partai WikiLeak menang pemilu). Tetapi jika tidak, saya meminta kandidat lain dari Partai WikiLeaks untuk mampu mengambil tempat saya (di parlemen),” katanya dalam sebuah konferensi video via Skype di London.

Wikileaks founder Julian Assange speaks

Salah seorang kandidat Partai WikiLeaks, Samantha Castro mengakatakan, jika Assange menang, maka tanggung jawab berada di tangan pemerintah Australia. Itu untuk memastikan, senator terpilih bisa duduk di parlemen. Menurutnya, situasi yang dialami Assange, belum pernah terjadi sebelumnya.

“Apakah pemerintah Australia saat ini sebagai oposisi melawan keinginan Amerika Serikat (menjegal Assange). Saya kira, ini adalah sesuatu yang bisa kita buktikan pada waktunya tiba,” ungkap Castro.

Seorang pakar ilmu politik dari Universitas Nasional Australia mengungkapkan penolakannya akan niatan Assange menjadi senat. “Dia pada dasarnya seorang kandidat menyusahkan (Parlemen) yang mungkin bisa menarik sedikit perhatian. Sebab, Ia tidak bersungguh-sungguh terhadap pemerintahan dan duduk di parlemen. Dia tidak berdiri untuk melakukan pekerjaan senat. Dia berdiri untuk mengganggu,” ungkapnya.
(sumber: Arstechnica)

Tim Jagat Reviews 31 Jul, 2013


-
Source: http://www.jagatreview.com/2013/07/pendiri-wikileaks-luncurkan-partai-di-australia/
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Title: Pendiri WikiLeaks Luncurkan Partai di Australia ; Written by Unknown ; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar :

Posting Komentar