Microsoft Mulai Belajar “Mencintai” Apple iOS dan Android

Microsoft 22
Selama bertahun tahun, beberapa eksekutif Windows nyatakan persaingan sengit dengan Apple dan menyusul kemudian Android. Namun zaman pun telah berubah. Microsoft melihat peluang besar, bila pihaknya mencoba melunakan persaingan dengan sesama sistem operasi.
microsoft 2 (2)
Dalam sebuah wawancara Juni lalu, kepala teknisi Windows, Julie Larson-Green mengatakan, Microsoft terus menanggapi pertumbuhan iOs Apple dan Google Android pada perangkat mobile. Pihaknya berencana untuk membantu mengembangkan aplikasi untuk dua platform tersebut.
“Kami dapat menyediakan sesuatu yang unik, pengalaman yang berbeda di perangkat Kami maupun perangkat orang lain,” ungkap Larson-Green yang pada 11 Juli lalu ditunjuk perusahaan, berpindah posisi ke divisi perangkat keras Microsoft.
Pemikiran Larson-Green ini, dilansir Bloomberg Businessweek seolah mengisyaratkan, Microsoft tertarik untuk merambah bisnisnya ke sistem operasi mobile besutan dua pesaingnya itu. Ini dilakukan guna mengimbangi permintaan sistem operasi Windows untuk PC yang terus melemah.
Menurut data perusahaan investasi Goldman Sachs, sistem operasi Windows keseluruhan, mencakup smartphone dan tablet hanya menguasai 20 persen pangsa pasar konsumen komputasi. Ini berbeda dibanding, Android yang memiliki pangsa hingga 42 persen. Sementara Apple dengan iOs-nya yang eksklusif berada di kisaran 24 persen pangsa.
Microsoft pun tengah berjuang untuk melirik pasar perangkat mobile. Namun yang terjadi, hasil penjualannya pun tidak terlalu mengesankan. Tablet Surface mereka hanya menyumbang pangsa tablet sebesar 3,7 persen. Bahkan, surface mengalami write-down atau tidak terjual hingga US$ 900 juta. Begitupun juga dengan penjualan smartphone berplatform Windows Phone hanya naik tipis 3,2 persen pada kuartal pertama tahun ini.
Microsoft 22
“Sebagai perubahan pasar, kita harus ikut berubah dengannya. Sebagai perusahaan layanan bernilai tinggi, Anda harus berpikir tentang bagaimana mencapai orang-orang di mana mereka berada. Kadang-kadang, perangkat kecil menjadi milik kita dan kadang-kadang juga, perangkat layar besar bukan menjadi milik kita,” kata juru bicara Microsoft, Frank Shaw.
Sampai saat ini, Microsoft baru membuat 15 aplikasi untuk iPad dan 20 aplikasi untuk iPhone. Sementara untuk perangkat Android, baru sekitar 10 aplikasi. Sementara program note-taking, OneNote dan aplikasi pencarian, Bing memang telah tersedia di iTunes selama bertahun-tahun. Juni lalu, Microsoft juga telah merilis office Word, PowerPoint, dan Excel terbatas hanya untuk perangkat iPhone. Pada bulan ini, Microsoft juga merilis versi Outlook untuk iPhone dan iPad.
Microsoft juga berhasil membuat iOS 7 yang bakal dikeluarkan pada musim gugur ini, menggunakan aplikasinya. Apple mengintegrasikan aplikasi pengenal suara, Siri dengan aplikasi pencarian Bing. Setidaknya, Microsoft cukup berhasil menggeser dominasi mesin pencari Google.
Sementara itu, Kepala Produk Xbox, Marc Whitten mengatakan, tim Windows mendukung keputusan agar konsol game Microsoft dapat terhubung iOs dan Android. Baginya ini merupakan ekosistem bisnis baru yang diharapkan dapat mendatangan keuntungan di masa depan. “Ayo membangun hal-hal yang dapat menjadi hebat. Bukannya memutuskan sewenang-wenang dalam membatasi bagaimana konsumen dapat datang ke ekosistem (Microsoft),” kata Marc.
“Jika tidak bisa mengalahkan mereka, maka Kita pun bisa bergabung dengannya. Tapi, Kita tidak bergabung dengan cara yang dapat menyakiti Kita,” saran Carolibe Milanesi, analis dari periset pasar teknologi, Gartner.
Title: Microsoft Mulai Belajar “Mencintai” Apple iOS dan Android ; Written by Unknown ; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar :

Posting Komentar