Terjadi Insiden, CEO Engineering Samsung Dipecat

Samsung (1)

Samsung 2 (2)

Sebuah tangki air di pabrik Samsung Fine Chemical di Ulsa, Korea Selatan meledak sewaktu dilakukan uji coba stress test. Bencana tersebut menewaskan tiga karyawan dan melukai lebih dari 10 lainnya. Sebagai tindakan tegas dari insiden ini, Samsung Group akhirnya memecat CEO Samsung Engineering mereka, Ki-seok Park.

“Kepala eksekutif unit engineering dipecat atas insiden terbaru. Park Jung-heom (Sebelumnya wakil VP Samsung Engineering) telah ditunjuk sebagai presiden baru di afiliasi,” kata kepala komunikasi Samsung, Rhee In-yong, dilansir harian The Korean Times.

Tangki air seberat 1.300 ton itu merupakan bagian dari stress test (uji coba sistem) untuk mendeteksi keretakan tangki. Namun, ketika baru diisi pada angka 1.000 ton, tangki pun langsung meledak. Pecahan tangki beterbangan dan melukai para pekerja di sekitarnya. Tangki tersebut dibangun oleh Samsung Engineering untuk keperluan SMP Ltd, perusahaan patungan antara Samsung Fine Chemical dan MEMC dari Amerika Serikat.

“Kami tengah menginvestigasi kecelakaan dan Kami mungkin akan memecat eksekutif lainnya jika terbukti ikut bertanggung jawab atas kesalahan apapun,” kata group Samsung. Inisiden ini pun turut membuat CEO Samsung Electronic, Lee Kun-Hee marah besar setelah dikasih tahu oleh manajemen puncak.

Samsung (1)

Samsung berjanji bakal lebih fokus lagi bagi keselamatan pegawainya, agar kejadian ini tidak terulang. Pihaknya pun mengatakan, akan mengeluarkan dana investasi hingga 1,1 triliun won (Rp 9 triliun) guna meningkatkan keamanan kondisi kerja di fasilitas manufaktur yang tersebar di bawah group samsung.

Untuk diketahui, Samsung Engineering Co, Ltd yang pernah dipimpin Ki-seok Park itu merupakan perusahaan teknik pertama di Korea yang didirikan pada 1970 dan berkantor pusat di Seoul, Korea Selatan. Bisnis inti mereka meliputi, membangun penyulingan minyak, fasilitas hulu migas dan pengolahan air, pabrik petrokimia dan gas, pembangkit listrik, dan infrastruktur lainnya. Pada 2011 lalu, perusahaan meraih pendapatan hingga US$ 8,06 miliar. Klien Samsung Engineering tersebar di 40 negara di seluruh dunia, seperti Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan India.

Tim Jagat Reviews 02 Aug, 2013


-
Source: http://www.jagatreview.com/2013/08/terjadi-insiden-ceo-engineering-samsung-dipecat/
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Title: Terjadi Insiden, CEO Engineering Samsung Dipecat ; Written by Unknown ; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar :

Posting Komentar