Senjata Penjualan Apple Bukan iPhone 5, Lantas?

iphone 4

iphone 4 3

iPhone 5 memang menjadi smartphone terbaru andalan Apple. Namun siapa sangka, generasi sebelumnya, yakni iPhone 4 malah menjadi pendongkrak penjualan Apple di pasar negara berkembang tahun ini. Ponsel tersebut sudah ada tiga tahun lamanya, sebelum iPhone 5 muncul ke permukaan. Alasannya, iphone 4 dianggap lebih murah dengan fitur tidak jauh berbeda dari iPhone 5.

“Produk iPhone 5 masih memuncaki angka penjualan. Namun, permintaan iPhone 4 merupakan alasan kunci di balik kenaikan penjualan smartphone Apple,” kata pihak Apple.

CEO Apple, Tim Cook mengatakan, jumlah pengguna baru smartphone akhir-akhir ini lebih tertarik dengan iPhone 4. “Kami ingin menarik sebanyak mungkin pembeli seperti ini,” ungkapnya, dalam sesi conference call dengan sejumlah analis, Selasa pekan lalu.

Dilansir dari Wall Street Journal, perangkat lawas itu telah membantu Apple menghadapi persaingan ketat dengan smartphone Android, terutama dari kubu Galaxy S-series Samsung. Smartphone tersebut berhasil mendorong pendapatan Apple, di saat pihaknya tidak menawarkan model yang mampu menarik pengguna baru pertama kali pakai smartphone. Terlebih di pasar negara berkembang khususnya di Asia, iPhone 4 dianggap sudah mencukupi kebutuhan pengguna yang menginginkan smartphone berkelas.

iphone 4

Pakan lalu, Apple melaporkan penjualan iPhone antara April-Juni 2013 sebanyak 31,2 juta unit. Angka tersebut 20 persen lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya. Bahkan pertumbuhan ini di luar ekspektasi analis. Mereka sempat memproyeksikan Apple hanya mampu menjual iPhone di kisaran 26,5 juta unit.

Kendati demikian, kesuksesan iPhone 4 ini dikhawatirkan memicu terjadinya perlemahan bagi perusahaan. Pasalnya, harga iPhone yang lebih murah dapat mengurangi margin laba kotor Apple. Bandingkan bila iPhone 5 dengan harga yang lebih mahal, menjadi penyokong terbesar penjualan, tentunya margin laba Apple bisa lebih baik lagi. Ini terbukti dengan perolehan laba total Apple, turun sebesar 22 persen menjadi US$ 6,9 miliar pada kuartal terbaru tahun ini.

Beberapa waktu lalu, Apple pun dikabarkan tengah merakit smartphone murah yang bakal diperkenalkan tahun ini. Berbeda dari iPhone 4 dan iPhone 4S yang berlayar kecil, iphone low-cost tersebut bakal seukuran iPhone 5. Casing aluminium yang jadi ciri khas iPhone series juga tidak akan disematkan pada iPhone murah tersebut.

Sekedar informasi khusus pasar Indonesia, iPhone 5 versi 16GB, saat ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 7,8 juta. Sementara harga baru iPhone 4 16GB berada di kisaran Rp 4,5 juta dan iPhone 4S 16GB senilai Rp 6,4 juta.

Tim Jagat Reviews 02 Aug, 2013


-
Source: http://www.jagatreview.com/2013/08/senjata-penjualan-apple-bukan-iphone-5-lantas/
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Title: Senjata Penjualan Apple Bukan iPhone 5, Lantas? ; Written by Unknown ; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar :

Posting Komentar