Merek Dagang “SkyDrive” Microsoft Bakal Lenyap

microsoft_SkyDrive

microsoft_SkyDrive

SkyDrive yang merupakan layanan cloud storage milik Microsoft, sebentar lagi bakal terbang jauh ke awan alias hilang. Pasalnya, pengadilan Inggris memutuskan, nama SkyDrive telah melanggar hak merek dagang yang dimiliki perusahaan penyiaran, British Sky Broadcasting Group (BSkyB). Microsoft diminta pengadilan untuk menyingkirkan nama SkyDrive dan memilih nama baru dalam waktu cepat.

Pihak BSkyB pun memberikan “jangka waktu yang wajar” kepada Mirosoft untuk melakukan transisi merek ke nama lain yang tidak ada kata “Sky”. “Menurut kesepakatan, Microsoft tidak akan melakukan banding dan Sky akan mengijinkan Microsoft untuk terus menggunakan nama SkyDrive untuk jangka waktu yang wajar dalam masa transisi ke merek baru. Perjanjian tersebut juga mengandung keuangan dan istilah lain yang bersifat rahasia” tulis siaran bersama oleh Microsoft dan BSkyB, dilansir ZDnet.

Bagi Microsoft ini bisa dibilang sebagai masalah kecil tapi fatal, setelah Pihaknya menambahkan berbagai fitur baru dalam layanan Cloud mereka untuk sistem operasi Windows. Bentuk layanan SkyDrive memang tidak berubah, namun dikhawatirkan, branding baru layanan cloud Microsoft bakal sulit dikenal oleh masyarakat umum.

SkyDrive sendiri mesti bersaing dengan Dropbox, Google Drive, SugarSync, penyedia layanan awan lainnya. Layanan tersebut menawarkan penyimpanan file gratis sebesar 7GB dan bisa diakses di iOS, Android, Windows Phone, Windows 8, dan Windows 7.

Sementara BSkyB merupakan salah satu penyedia TV berlangganan terbesar di Inggris dan Eropa. Sky mulai menyediakan aplikasi mobile dan layanan streaming online dalam rangka memperluas pelanggannya. Pihaknya juga mempunyai layanan cloud storage, bernama Sky Store & Share yang diluncurkan pada akhir 2011 silam.

Bagi Microsoft, ini bukan kali pertama mereka tersandung masalah merek dagang. Pada 2012 silam, nama “Metro” yang merujuk pada user interface baru di Windows dan Windows Phone juga mesti dilenyapkan. Pasalnya merek “Metro” telah dimiliki duluan oleh perusahaan retail, Metro AG.

Sumber: ZDNet

Tim Jagat Reviews 02 Aug, 2013


-
Source: http://www.jagatreview.com/2013/08/merek-dagang-skydrive-microsoft-bakal-lenyap/
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Title: Merek Dagang “SkyDrive” Microsoft Bakal Lenyap ; Written by Unknown ; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar :

Posting Komentar