Mimpi Facebook Akhirnya Tercapai Setelah Go-Public

Facebook

Facebook

Tahun lalu tepatnya pada Mei 2012, untuk pertama kalinya Facebook melakukan perjualan perdana saham umumnya (IPO) kepada investor dalam rangka go public. Namun yang terjadi, saham Facebook malah turun di bawah harga penawaran awal sebesar US$ 38 per lembar. Kini, 14 bulan setelah pihaknya IPO, saham Facebook akhirnya menyentuh angka US$ 38,31 (hingga tulisan ini dibuat).

Kembali ke tahun lalu, sewaktu pihaknya IPO, mereka menetapkan harga saham begitu tinggi hingga US$ 38 per lembar saham. Pihaknya berharap dapat mendapatkan pendanaan dalam penawaran tersebut hingga US$ 16 miliar. Memasuki September di tahun sama, saham mereka di bursa malah jatuh ke level terendah US$ 17,55 per lembar. Pihaknya terus mengalami keterpurukan dari pertengahan hingga akhir 2012 silam.

Memasuki tahun ini merupakan masa-masa gemilang bagi Facebook. Saham mereka mulai menanjak hingga ke angka US$ 30 semenjak Januari lalu. Pihaknya mulai bangkit dari keterpurukan tahun lalu. Segala pembenahan di jejaring sosialnya terus dilakukan, terutama dalam hal iklan dan mobile. Mereka ingin fokus mendatangkan pendapatan dari iklan yang tampil di news feed Facebook. Ini terbukti, pada pekan lalu pihaknya berhasil membukukan pendapatannya hingga US$ 1,813 miliar atau naik 53 persen dari kuartal kedua tahun lalu. Dari angka tersebut, 88 persennya berasal dari iklan mobile yang mencapai US$ 1,6 miliar atau naik 60 persen dibanding kuartal kedua tahun lalu.

Facebook

“Mereka tahu bagaimana mobile dan itu (iklan) bekerja. Mereka masih memiliki pekerjaan yang harus dilakukan, iklan video juga belum dimulai. Tapi kami pikir ini (harga saham Facebook) setidaknya bisa mencapai US$ 50,” kata David Lamond, kepala investasi di Lamond Capital Partners di San Francisco, yang juga memiliki sekitar 650 ribu saham Facebook, dilansir CNN.

“Intinya, iklan di Facebook bekerja. Ada banyak skeptisisme tentang itu ketika mereka pertama kali go public,” tambahnya yang mulai membeli saham Facebook sejak awal tahun ini.

Banyak analis Wall Street memperkirakan, kini pendapatan per lembar saham Facebook bisa mencapai US$ 71 sen dari minggu lalu sebesar US$ 57 sen. Ada kemungkinan juga, angka saham Facebook bisa tetap stabil karena ada harapan tinggi bagi perusahaan, terutama dari iklan dan mobile. Terus melonjaknya harga saham ini, turut mendatangkan pundi-pundi dolar bagi bos mereka, Mark Zuckerberg.

Selamat untuk Facebook.

Tim Jagat Reviews 02 Aug, 2013


-
Source: http://www.jagatreview.com/2013/08/mimpi-facebook-akhirnya-tercapai-setelah-go-public/
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Title: Mimpi Facebook Akhirnya Tercapai Setelah Go-Public ; Written by Unknown ; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar :

Posting Komentar