[PR] Smartfren Mendukung Pengembangan Kewirausahaan dan Pelatihan Internet Cerdas untuk Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi

User Experience di Pelatihan Internet UKM - 01 Juli 2013

Tangerang, 2 Agustus 2013  – Smartfren, penyedia layanan telekomunikasi berbasis teknologi handal EV-DO Rev.B Fase 2 di Indonesia, kembali menggelar rangkaian kampanye "Live Smart" melalui program CSR "Smartfren untuk Indonesia". Selain memberikan bantuan materi, keunikan program CSR Smartfren adalah berfokus pada sosialisasi content "Live Smart", yaitu mengajak berbagai kalangan masyarakat untuk hidup secara cerdas. Selain berfokus membantu bidang pendidikan, program ini juga secara konsisten mendukung Pengembangan Kewirausahaan dan Pelatihan Internet Cerdas kepada pelaku Usaha Mikro Kecil  Menengah dan Koperasi (UMKM).

User Experience di Pelatihan Internet UKM - 01 Juli 2013

Komitmen ini diwujudkan dalam penyelenggaraan beberapa aktifitas pelatihan kewirausahaan dan pelatihan internet cerdas untuk pengembangan bisnis UMKM. Kegiatan perdana dilakukan di Tangerang Selatan pada tanggal 21 Maret 2013 dan diikuti oleh 13 Warnet Cerdas TBM (Taman Bacaan Masyarakat) di Komunitas MAGMA (Masyarakat Gemar Membaca). Workshop ini merupakan keberlanjutan dari program CSR "Smartfren untuk Indonesia" yang sebelumnya telah memberikan bantuan infrastruktur Internet Cerdas dan pelatihan "Teacher Discovery" kepada 55 Taman Bacaan Masyarakat (TBM) binaan MAGMA selama periode Januari – Februari 2013. Dalam event ini Smartfren bersinergi dengan PT Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang dan dihadiri oleh pemerintah Kota Tangsel, yaitu Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Tangsel Chaerudin dan Kepala Dinas Koperasi & UMKM Nurdin Marzuki.

"Dukungan Smartfren kepada UKM ini merupakan realisasi dari himbauan Pemerintah Kota Tangerang Selatan kepada pihak swasta untuk memberikan CSR kepada masyarakat Tangsel yang membutuhkan di bidang pendidikan, kesejahteraan, dan lainnya," demikian disampaikan oleh Nurdin Marzuki dalam acara Sosialisasi tentang CSR (Corporate Social Responsibility) kepada pelaku UKM dan Koperasi di Kota Tangerang Selatan pada tanggal 25 Juni 2013. Dalam acara ini Dinas Koperasi & UKM Tangsel mengundang Smartfren untuk sebagai salah satu pembicara dari sektor swasta untuk menyampaikan paparan mengenai program CSR Smartfren yang telah dan akan diberikan kepada UKM.

Foto bersama Smartfren & Panitia di Universitas Kristen Imanuel (09 April 2013)

Dukungan Smartfren dalam pengembangan kewirausahaan juga ditujukan ke perguruan tinggi, dengan harapan menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan mahasiswa. Pelatihan Kewirausahaan yang pertama di perguruan tinggi dilaksanakan di Universitas Kristen Immanuel (UKRIM) di Kota Jogjakarta pada tanggal 9 April 2013. Acara ini merupakan rangkaian dari Kuliah Kewirausahaan (KKU) yang diikuti oleh 109 mahasiswa dan Smartfren menjadi pembicara utama. "Antusiasme peserta KKU sangat tinggi, para peserta dengan serius dan penuh konsentrasi mendengar, menulis dan menelaah setiap kalimat demi kalimat yang disampaikan oleh Bp.Henky S.Chahyadi,Ph.D pada sesi motivasi ini", demikian kesan dari UKRIM yang dikutip dari website mereka http://www.ukrimuniversity.ac.id/detail.php?id_konten=161 .

Kerjasama Smartfren dengan universitas berlanjut dalam event Social Week 2 yang diselenggarakan oleh Prasetiya Mulya Business School kampus Serpong. Di sini tim Smartfren untuk Indonesia memberikan materi dalam  Pelatihan Kewirausahaan dan Internet Cerdas untuk pelaku UMKM di Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang yang diselenggarakan pada tanggal 26 Mei 2013. "Saya yakin pelatihan kewirausahaan ini bisa membantu pertumbuhan usaha UKM di Kecamatan Pagedangan, " kata Asep Suherman, Camat Pagedangan. Smartfren juga memberikan insentif berupa produk Smartfren kepada tiga UMKM terbaik yang diumumkan pada saat acara UMKM Festival di Kantor Kecamatan Pagedangan pada tanggal 16 Juni 2013. "HP modem Smartfren ini akan bermanfaat untuk mengembangkan usaha jamu saya melalui pemasaran online", demikian pengakuan Wiyatmi, pengusaha jamu herbal, salah satu UMKM terbaik.

Bazaar murah Festival UKM Prasetiya Mulya di Kec Pagedangan (16 Juni 2013)

Ruang lingkup pelatihan UMKM di Kecamatan Pagedangan ini kemudian meluas scope-nya ke Kabupaten Tangerang. Bekerjasama dengan Kamar Dagang Induk (KADIN) UMKM Kabupaten Tangerang, Smartfren memfasilitasi penyelenggaraan Workshop UMKM bertempat di Gedung  Usaha-usaha Daerah Pemerintah Kabupaten Tangerang pada tanggal 1 Juli 2013. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Tangerang Teddi Suwardi. "Acara ini merupakan salah satu bentuk nyata Kerjasama Pemerintah dan Swasta (KPS), dalam hal ini Smartfren, untuk membangun Kabupaten Tangerang dengan semangat One team, One Vision, One Goal", kata Teddi dalam pidato sambutannya.

Keunikan implementasi program-program CSR Smartfren di atas adalah Smartfren bersinergi dengan empat komponen masyarakat terkait yang mempunyai perhatian terhadap UMKM yaitu universitas (university), pemerintah (government), sektor swasta (private sector), dan masyarakat (society). Keempat unsur ini secara unik bisa disingkat menjadi U-GPS. Analoginya seperti alat GPS (global positioning system) yang memberikan arah, maka empat unsur U-GPS di atas diharapkan menjadi bersatu (unity) untuk memberikan arah menuju terciptanya kehidupan masyarakat yang lebih cerdas, sesuai dengan tagline Smartfren yaitu Live Smart.

"Sinergi ini adalah wujud dari semangat gotong royong yang merupakan nilai utama yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sejak dulu kala. Nilai ini jangan sampai memudar, untuk itu harus dibangkitkan lagi. Inilah yang menjadi jiwa dari CSR Smartfren, yaitu tidak hanya memberikan bantuan materi, tetapi yang lebih penting adalah memberi teladan dalam membangkitkan semangat gotong-royong di masyarakat. Secara universal, semangat gotong-royong ini kita sebut helpful. Nah, visi CSR Smartfren adalah bersama-sama komponen masyarakat yang lain mewujudkan Helpful Community (masyarakat gotong royong) untuk Indonesia", demikian penjelasan dari Henky S. Chahyadi, Vice President Program Smartfren untuk Indonesia.

Friska Suryawinata 02 Aug, 2013


-
Source: http://www.jagatreview.com/2013/08/pr-smartfren-mendukung-pengembangan-kewirausahaan-dan-pelatihan-internet-cerdas-untuk-usaha-mikro-kecil-menengah-dan-koperasi/
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com
Title: [PR] Smartfren Mendukung Pengembangan Kewirausahaan dan Pelatihan Internet Cerdas untuk Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi ; Written by Unknown ; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar :

Posting Komentar